=>SELAMAT DATANG DI BLOG KWARCAB BALIKPAPAN, DAN KATAKAN : "AKU BANGGA JADI PRAMUKA" SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN<=

KUTAI BARAT JADI TUAN RUMAH LT IV KALIMANTAN TIMUR

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur dalam wak­tu dekat melaksanakan Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang. Kegiatan ini akan diikuti regu Penggalang terbaik putra dan putri dari 14 kabupaten/kota se-Kaltim.

Ketua Panitia LT-IV Kaltim, H. Sigit Muryono pada hari Senin, 19 Maret 2012 memberikan keterangan bahwa ; “Lomba tingkat IV Pramuka Penggalang Kwartir Daerah Kalimantan Timur, digelar empat tahun sekali dan untuk tahun 2012 dilaksanakan pada 31 Maret – 4 April yang ber­langsung di Makodim 0912 Kutai Barat. Pesertanya adalah Regu Pramuka Penggalang yang berhasil menjadi terbaik di tingkat kabu­paten/kota masing-masing,".


Regu Penggalang yang mengikuti Lom­ba Tingkat IV adalah yang terbaik dari masing-masing daerah, karena memang seleksi dilakukan sejak dari Lomba Ting­kat I pada tingkat Gugusdepan (Gudep) masing-masing, kemudian berlanjut de­ngan Lomba Tingkat II pada tingkat rant­ing, lalu berlanjut pada Lomba Tingkat III tingkat kabupaten/kota.

Hasilnya adalah dua regu masing-ma­sing dari penggalang putra dan putri ter­baik di tingkat kabupaten/kota yang akan berlomba di tingkat provinsi dan juaranya kembali akan mewakili Kaltim pada Lom­ba Tingkat V (Nasional) di Cibubur pada pertengahan Juni nanti.

Ketua Panitia juga menjelaskan bahwa ; Mekanisme pembe­rangkatan dimulai dari pendaftaran ma­sing-masing Kwartir Cabang (Kwarcab) kabupaten/kota yang telah menyelesaikan Lomba Tingkat III di daerahnya masing­-masing. Pendaftaran peserta dipusatkan di Sekretariat Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Jalan M Yamin No.6, Samarinda.

Seluruh peserta yang mengikuti Lomba Tingkat IV akan berkumpul di Samarinda dan diberangkatkan secara bersama-sama menggunakan sarana transportasi air dari pelabuhan Sungai-Kunjang – Samarinda menuju Melak – Kutai Barat, 31 Maret 2012, tepatnya pukul 09.00 wita.

Rencananya Gubernur atau Wakil Gu­bernur Kaltim akan melepas keberangkat­an para peserta lomba dari Samarinda. Se­dangkan peserta dari Kutai Kartanegara akan menyusul di pelabuhan Tenggarong dan dari Kutai Barat akan bergabung pada dini hari di Melak.

Lomba akan berlaku begitu semua peserta sudah ber­gabung. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini sejak dari keberangkatan para peserta sudah diberikan pembekalan mulai dari informasi baik ceramah tentang kepemudaan, organisasi, kerohanian dan ke­hidupan bermasyarakat dan pemutaran film-film yang sifatnya memotivasi. Lomba tingkat merupakan pertemu­an Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan beregu atau perorangan atas nama regu yang mempertandingkan se­jumlah ketrampilan. Lomba tingkat terdiri dari kegiatan inti dan pelengkap. Kegiatan inti meliputi pengamalan dan penghayatan kode ke­hormatan pramuka (Tri Satya dan Dasa Dharma).

Kegiatan lainnya yaitu ; Keterampilan Pramuka yang mengajarkan life skill, terdiri dari bagaimana dia menjadi pioneer, bagai­mana bertahan hidup di alam bebas (sur­vivor), pengembangan seni dan budaya khas daerah masing-masing, pertolongan pertama pada kecelakaan, pengembangan olahraga, kemampuan bersosialisasi antar kawan-kawan seagama dan lintas agama, bela negara.

Sumber : Kaltim Post, 20/03/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah memberikan komentar, saran, ataupun kritik buat kami.
"Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan"